Haloo teman-teman yang selalu setia membaca blogku, udah lihat belum video di kolom sebelah kanan? Keren kan aku, udah bisa masukin vide...

Tentang Puisi Perahu Kecil


Haloo teman-teman yang selalu setia membaca blogku, udah lihat belum video di kolom sebelah kanan? Keren kan aku, udah bisa masukin video (setengah jam lebih belajarnya itu) ? Tahap selanjutnya aku akan berusaha membuat puisi-puisi yang pernah ku posting dalam bentuk suara. Ditunggu  yah.. Hahahahaha


Oke sekarang bahas tentang puisi Perahu Kecil, bisa dibilang puisi ini lumayan lebih lama kubuat dibandingkan puisi-puisi lainnya. Ada 2 minggu lebih, jadi setiap terpikirkan kata-kata bagus, aku lihat cocok nih buat di puisi Perahu Kecil, yaudah aku masukin deh. Akhirnya jadi juga puisi ini sambil dengarin lagu yang judulnya Que je t’aime .


Perahu Kecil ini menceritakan seorang yang memiliki impian besar, yang terkadang bagi orang lain impian besar itu hanyalah angan-angan mustahil untuk diwujudkan seperti yang tertulis pada perumpamaan bahwa perahu kecil mustahil untuk berlayar menuju samudera. Setiap impian besar, tidak akan pernah terwujud tanpa adanya langkah awal yang berani diambil untuk keluar dari zona aman dan mengambil kesempatan untuk meraih setiap impian yang ingin diraih dengan segala keyakinan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukannya tidak dilakukan setengah-setengah. Setiap orang bebas untuk memiliki impian yang besar, bebas untuk mewujudkannya, bebas untuk menentukan masa depannya, bebas untuk mendapat kebahagiaan yang lebih yang ingin diraihnya. Bukankah hal yang sama selalu diucapkan orang yang telah berhasil mencapai impiannya, agar kita berani untuk melepas tambat perahu kecil kita walau pasir pantai yang putih tampak indah, berani berlayar menuju samudera dengan penuh keyakinan sebab kita bebas untuk meraih apa yang kita impikan asal kita berani keluar dari zona aman kita?


Bait selanjutnya menceritakan pengalaman berlayar si perahu kecil dimulai pada baris pertama yang menjelaskan bahwa untuk meraih apa yang kita impikan itu tidak lah mudah, kita harus benar-benar gigih dan bekerja keras walaupun harus mendayung perahu kita dengan tangan agar perahu kita dapat terus jauh berlayar. Terkadang orang menyerah ketika dalam mencapai impiannya banyak permasalahan-permasalahan yang terjadi, banyak beban yang harus ditanggung, banyak rintangan yang harus di lalui, yang membuat putus asa, yang membuat berpikir bahwa sebenarnya impiannya itu adalah mustahil dan berhenti untuk mewujudkannya, lupa bahwa tidak ada yang mudah dalam mencapai sebuah impian. Seringkali kita berpikir bahwa kitalah satu-satunya orang yang menderita dalam mencapai impian, tidak ada yang separah kita, atau yang mereka lalui lebih mudah dari kita dan menjadikan kita sosok yang lemah yang tidak mampu memperjuangkan kebahagiaan dan masa depan yang ingin diraih, merasa terlalu kecil untuk impian yang besar, sebuah sosok pengecut.


Percayalah setiap langkah yang kita ambil, menambah kisah dan pengetahuan kita. Setiap permasalahan ada jalan keluarnya, setiap beban dapat ditanggung, dan setiap rintangan pasti dapat dilalui, yang diperlukan hanyalah kita tenang, menguasai situasi dan berpikir langkah yang diperlukan, jika gagal, coba lagi dengan cara yang lain. Setiap situasi butuh penanganan yang berbeda, percayalah permasalahan yang dihadapi adalah sebuah teman yang mengajari berbagai pengetahuan jika kita tidak menyerah dengan situasi yang ada dan terus mengejar impian kita. Ketika kita berhasil melalui semuanya dan berhasil mencapai impian yang ingin kita raih, ingatlah bahwa kita adalah tetap orang yang sama, si perahu kecil, yang menjadikannya berbeda ialah kita memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman yang dapat dibagikan kepada mereka yang belum atau sedang mewujudkan impiannya. (Richard Stevanus Sitio)




2 komentar:

  1. Silakan mbak dibaca semuanya, di ajak temannya juga baca manatau banyak nanti yang suka hahahaha

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.